Login

Subdomain Pada cPanel

Subdomain Pada cPanel

Subdomains dapat kita artikan / fungsikan untuk mengelompokan kategori konten yang berbeda pada situs Anda, yang dapat mempermudah pengunjung situs Anda untuk mengingat alamat url situs Anda.

Sebagai contoh, Anda membuat sebuah subdomain ‘statistik’ untuk akun utama anda ‘namadomain.com’, dimana nantinya pengunjung situs Anda cukup ketik ‘statistik.namadomain.com’ pada browser dan akan langsung mengarah pada kategori statistik di halaman situs Anda. Pada umumnya, situs yang memilik produk / kategori line yang luas, menggunakan subdomain untuk memisahkan tiap-tiap produk / kategori line-nya.

Praktisnya, sebuah subdomain mengarah ke sebuah subfolder yang berada didalam folder public_html account hosting Anda, konfigurasi ini terjadi secara otomatis ketika Anda setup sebuah subdomain. Contoh ‘statistik’ diatas, ketika Anda setup subdomain ‘statistik’ maka akan otomatis membuat subdirectory ‘statistik’ didalam directory public_html. Selanjutnya Anda dapat upload file website ke subdirectory tersebut.

Untuk membuat subdomain :

1. Pilih menu ‘Subdomains’ pada control panel cPanel hosting Anda.
Menu Subdomain cPanel

2. Masukan nama subdomain yang diinginkan pada kolom subdomain.

3. Tentukan Domain utama yang akan menjadi induk dari subdomain tersebut.

4. Anda bisa membiarkan kolom Document Root terisi dengan sendirinya.

5. Klik tombol Create. Maka proses setup akan secara otomatis membuat subdirectory dengan nama yang sesuai dengan nama subdomain yang Anda input di dalam folder public_html.

Input Subdomain di cPanel

Sekian,
Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.